Friday, June 23, 2006
Musim sangkambi
Musim apa sekarang di Indonesia, musim hujan, mangga, or lainnya?
Musim panas di jepang saat ini, dan bagi kami di Matsuyama, musim sangkambi juga, musimnya kunjungan ortu ke sekolah anak-anak. Bagaimana tidak dalam waktu seminggu tercatat 3 x kami mengunjungi, melihat kegiatan belajar anak-anak di sekolah.Tgl 15 kemarin, dalam waktu yg bersamaan ada program kunjungan sekolah di TK Kiko-chan dan SD Ilham-kun, so akhirnya di bagi, Ibu ke TK Yagumo, Ayah ke SD Soga, untuk hari itu kamera dibawa Ibu so sangkambi di SD Soga bakal nggak ada fotonya.

Di TK Yagumo, kelas Zoo (gajah), kami bersama-sama menghias pigura foto anak, kami duduk 1 meja dgn anak& ortu lain, disediakan gunting, lem, kertas warna warni. Anak-anak bebas membuat sesuatu yg dinginkan, mau bikin bunga, binatang, dsb. Kasihan juga melihat salah satu teman Kiko-chan Ibunya belum datang, tapi anaknya cukup berani, coba kalau Kiko-chan,...wah bakal mBREBES mili deh,....selesai menghias, hasil karya anak-anak dipasang didinding.



Selesai menghias pigura, giliran Tomoko Sensei mengajari anak mencampur bermacam-macam warna, simulasinya pake air berwarna merah, biru, kuning, hijau, yg diasumsikan jus apel, soda, pisang, melon terus dari campuran jus itu bisa berubah warna dan jadi jus baru, cukup kreatif ya, jadi anak-anak bisa lihat langsung perubahan warna yg dicampur-campur. Setelah itu kami nyanyi, nari dan bermain bersama, menyenangkan juga melihat bagaimana anak-anak diasuh oleh guru-gurunya dari pagi sampai sore, sabar banget, dibanding Ibu yg sedikit anak bikin ulah aja langsung sok jadi komandan bertampang sangar dan suara melengking.

Kemarin, tgl 20, ada sangkambi juga di SD Soga, temanya "lebih dekat dgn Indonesia", kami jadi host critanya, Alahmdulillah 2 bulan sebelumnya sudah ada pemberitahuan ttg itu, Ibu diminta mengenalkan masakan Indonesia yg gampang, meriah. Berhubung sebenarnya Ibu gak pinter masak sama sekali, saat itu juga langsung Ibu kontak Mommy Atli, gimana bikin nasi goreng tanpa kecap Indonesia, maklum org jepang kan cuma kenal soyu (kecap asin jpg), penginnya sih biar setelah diajari masak mereka bisa bikin nasi goreng itu. Selain nasi goreng kami bikin juga pisang molen.

Jadi ngiri deh, disini SD punya "lab" masak, bersih, fasilitas komplit, so meski dijatah waktu 2 jam untuk bikin nasi goreng dan molen sebanyak 170 porsi, akhirnya selesai juga tepat waktu, tentu saja yg mbantu masak total 25 ibu-ibu. Gimana hebohnya,.....nasi goreng dibikin 23 x, jadi 12 kompor nyala, sebentar-sebentar ada yg manggil Ibu: "Okaasan, ajimi" (Bu, dicicipi), belum lagi ada yg ngasih garamnya ragu-ragu,.....duh kena tipu semua, lha wong Ibu juga gak pinter masak kok.

Bikin molen juga gitu, saking higienisnya, sebab masak dalam jumlah besar, ngadoni molen pake sarung tangan plastik ya nggak bisa ngrasain udah pas ato ndaknya, alhamdulillah walau yg ngadoni banyak orang, saat digoreng pisangnya nggak pada berontak.


Jam 2 siang, kami semua siap berkumpul di Aula, ternyata semua anak
kelas 3 (gabungan 3 kelas) sudah duduk rapi didampingi bapak/ibunya, makanan pun siap dibagi sambil mendengarkan selayang pandang ttg Indonesia, ada juga kuis ttg luas wilayah Indonesia berapa kali lipat jepang, jumlah penduduk msg-msg negara, bencana gempa, dsb. Anak-anak pun terlihat antusias mendengarkan penjelasan Ayah.

Selesai makanan habis disantap, kembali kami mengenalkan negara Indonesia, seperti kata-kata yg gampang diucapkan, spt terimakasih, selamat siang, selamat tidur, maaf dan padanan kata jepangnya. setelah itu permainan anak-anak di Indonesia, kami memperkenalkan mainan ular-ularan, nggak nyangka ibu/bapak pun turut asyik bermain juga.


Ternyata, acara sangkambi kali ini juga sekaligus perpisahan buat Ilham-kun yg akan segera plg ke Indonesia, sebab mulai tgl 7 Juli sudah masuk liburan musim panas, salah seorang temannya dari kelas 3.2 membacakan pidato perpisahan, katanya, meski hanya berjumpa selama 3 tahun 3 bulan, merasa sangat berkesan, apalagi bisa mengenal Indonesia mulai dari masakan, permainan, dsb.

Alhamdulillah, acara selesai jam 3.30 sore, cape, tapi amat berkesan. Thanks buat Mommy Atli, Mbak Erni, Mbak Nana & Pak Azis, juga Ibu-ibu PTA SD Soga yg telah membantu terselenggaranya acara ini. Buat Ilham-kun, semoga jadi kenangan indah buatmu kelak.
posted by Noenoe @ Permalink 、10:28 AM  
26 Comments:
  • At 11:55 AM, Blogger Ina said…

    Wah pasti sangat menyenangkan sekaligus mengharukan ya, karena moment itu adh detik2 terakhir berkumpul bersama teman2. Wah Salut untuk Sekolahnya, sangat perhatian banget ma anak didik, pasti Ilham-Kun + Kiko-Chan bangga jg punya ortu yg kreatif hehe. Smg anak2 mbak ikhlas meninggalkan Japan dg sejuta kenangan Indah :)..

     
  • At 12:15 PM, Anonymous Anonymous said…

    Aduh...seru sekali yah bu..ceritanya...dan terharu,,, itu akan jadi kenangan paling manis buat Ilham dan Kiko juga ibu nurul dan ayah..., Kalo nikmatnya diluar negeri pasti terasa malas untuk kembali yah bu....tapi mau gimana reality hidup kita di Indonesia...semoga pengalaman berharga itu akan bisa kita terapkan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia juga...

     
  • At 12:25 PM, Blogger Bunda Faikar said…

    Sankanbi nya seru juga ya, dan dari awal sampai akhir aku mlototi foto satu satu tau nggak ...mana nihh mamanya kiko-chan sama Ilham-kun...kok nggak ada sih...
    anyway, kapan pulang ke indonesia? semoga semua lancar lancar saja ya mbak dan anak anak juga senang bisa kembali ke tanah air, walaupun di jepang jauh lebih menyenangkan bagi mereka
    selamat bergambatte ria di indonesia terutama menghadapi pelajaran sd yang katanya sudah sangat susah dibandingkan di sini.

     
  • At 1:16 PM, Blogger Bundanya Anne said…

    seru yah acaranya....pada perhatian gitu sama mas ilham & mbak kiko...met pulang juga ke indonesia, daku juga mo protes...kenapa gak ada satu pun foto mbak yang lagi masak???? pengen liat gitu, katanya gak jago masak, pasti jago action sama penggorengan dooong...hehehe...

     
  • At 1:20 PM, Anonymous Anonymous said…

    Aduh serunya acara di sekolahnya Mas Ilham.. Jadi iri, kapannya sekolah di Indonesia ngadain acara seperti ini..

     
  • At 3:08 PM, Blogger Iwok said…

    Waaahh .. ceritanya seru bener. bener-bener sistem pendidikan yang bagus dan keren. cara pengenalan pengetahuan tentang suatu negara dan budaya secara langsung begitu kayaknya lebih cepet nempel ya daripada sekedar membaca?

    Beruntung banget Ilham-Kun bisa menimba pengalaman banyak dari sekolahnya seperti itu.

     
  • At 3:38 PM, Blogger Mbu said…

    Aduuuh ibu ...acaranya seru deh...
    anak-anak pasti happy ya...?

     
  • At 3:57 PM, Blogger Esti said…

    Serunya bikin pisang molen & nasi goreng didepan ibu-ibu Jepang. Ntar kalo di Bogor, gantian demo masakan Jepang deh. Nurul, waktu anak-anakku ikut homestay program, mereka terkesan sekali lho dengan sekolah disana (Aus & USA). Positifnya sih mereka jadi terpacu ingin melanjutkan sekolah disana. Anakmu kali kaget kalo pulang kesini, karena pelajarannya lebih banyak kan daripada di Jepang.

     
  • At 4:50 PM, Anonymous Anonymous said…

    wahh..seru...alhamdulillah,..ilham kun dapet kenangan yang indah selama sekolah di jepang ;)...
    ngomong2..napa molennya ga dilempar2 ke anjou tho bu? Heuheuheuheueu...

     
  • At 5:29 PM, Blogger ira i said…

    Aku paling sueneng kalo mbak Noenoe cerita ttg sekolah anak-anak !!!
    Sugoi ne....

     
  • At 6:49 PM, Blogger Maeasti said…

    Waa Mba....fun banged acaranya, pake acara bikin nasgor en molen, beteweh skalian demo masak yah Mba critanyah :)

    Tar kalo pulang ke Indo jangan lupahh, acara demo masak sushi dan kawan-kawan, hehehe.

     
  • At 9:48 PM, Anonymous Anonymous said…

    Makasih mbak Nurul atas nasihatnya yah :) Yang di YM itu loooh..

    Kapan pulang nih? Met wiken juga yaa

    BUnda Shafiya

    http://keluargazulkarnain.blogspot.com

     
  • At 7:09 PM, Anonymous Anonymous said…

    jadi inget courtesy calls ke salah satu skolah di osaka. bocah2e lucu2, mbak! tapi lek nonto' anak2mu mungkin aku akan berpikir dua kali. iki wong jepang tah? kok gelap ngene seh! heehhe.... becanda lho! tanpa bermaksud rasis :-)

    http://dodymania.blogsport.com

     
  • At 7:09 PM, Anonymous Anonymous said…

    jadi inget courtesy calls ke salah satu skolah di osaka. bocah2e lucu2, mbak! tapi lek nonto' anak2mu mungkin aku akan berpikir dua kali. iki wong jepang tah? kok gelap ngene seh! heehhe.... becanda lho! tanpa bermaksud rasis :-)

    http://dodymania.blogsport.com

     
  • At 7:39 PM, Blogger Maya Hirai said…

    met berkunjung ria! bentar lagi bakal jadi kenangan tuh^-^

     
  • At 11:08 PM, Blogger IrA said…

    seru yah mbak Noe sangkambinya...pasti jadi kenangan yg amat berharga yah mbak..coz sekaligus perpisahan buat Ilham-kun juga, kalau teman disini kemarin pas sangkambi di sekolah SD anaknya bikin risoles..(dan selain diganti biaya bhn2nya juga dibayar capenya juga loh mbak ..., temenku ampe gak nyangka ampe dibayar segala)

     
  • At 11:17 AM, Blogger Unknown said…

    seru crita sangkambinya, wah disana sekolahnya komplit sampe' ada lab. masaknya sgala..
    gak terasa Ilham ma Kiko mo balik ke indo..., jngn sedih yach..., smoga bisa kembali dng slamat sampe' tujuan...amin

     
  • At 12:19 PM, Anonymous Anonymous said…

    wah kebayang deh gimana serunya. sukses ya mbak acaranya. SMoga berkesan juga buat ilham

     
  • At 12:00 PM, Blogger funeno said…

    sangkambi? saya juga pernah beberapa kali. pertama di SD nishihara, tokyo. kedua di nursery school. bukan sebagai orang tua loh, tapi ngecengin guru-gurunya yang masih muda dan sabar banget yah..hehe..cocok dah jadi istri mah

     
  • At 2:31 PM, Anonymous Anonymous said…

    Kemaren 'sangkambi' juga disini eeee.. lagi proses malah memory-cardnya rusak, akhirnya ... bisa ditebak kan.. ga punya dokumentasi dari kamera sendiri *gubrag* tapi udah pesen sama seseorang yang kliatannya dia foto2 tapi lagi entah kapaaannn ketemu dan dia kirim ke mailku karena sangkambi kemaren sekalian perpisahannya.. lengkap sudah.. hihi

    >Lam kangen, daku sis, fmayaa

     
  • At 6:25 AM, Blogger Ida Syafyan said…

    wah masaknya di jatahin cuma 2 jam yaa, gak bisa ngajarin orang jepang bikin rendang dunks hehehe...

     
  • At 8:08 AM, Anonymous Anonymous said…

    sek.. seeeekk.. bikin nasgor 23 kali? woaaaaaaaaah.. gag kebayang :D

     
  • At 11:41 AM, Anonymous Anonymous said…

    seru banget ya.. anak2 ga cuma dicekokin teori2 di kelas mulu :)

     
  • At 11:43 AM, Anonymous Anonymous said…

    Wah.. seneng banget bisa berkunjung ke sekolahnya kiko. Asyik ya bisa sekolah disana... *kapan ya indonesia kayak gituh?* :((

     
  • At 12:15 PM, Blogger M. Raul Yasin Widjayabrata said…

    sekolahnya bagus banget, programnya juga...coba disini ada yak..trus yg harganya terjangkau..(lama deh)

     
  • At 6:56 PM, Anonymous Anonymous said…

Post a Comment
<< Home
 
 
about me
Istri Bank Je, Ibu Ilham & Kiko, suka baca, suka ngobrol alias criwis, suka sok sibuk, pengin bisa masak.
Udah Lewat
Archives
Links
Republika
Nova
Dapur Bunda
DBRP
IMB
sutbok

Free shoutbox @ ShoutMix
Designed-By

Visit Me Klik It
Member of

Indonesian Muslim Blogger
Credite
15n41n1