Friday, May 19, 2006
"Warung bawah"
Akhir-akhir ini Ibu merasa kerepotan untuk belanja kebutuhan sehari-hari yg sifatnya mendadak sebab Sawada, mini market dekat rumah, sekitar 150 m dari apato sudah tutup karena alasan ekonomi,..bangkrut?
Gejala "kebangkrutan" ditandai dgn minimnya stok barang 1 minggu sebelumnya, waktu ditanya kenapa kok pada kosong mereka menjawab minggu depan mau tutup. Rasanya gimana gitu, walau itu bukan toko Ibu, maklum sudah langganan sampe-sampe kami menyebutnya "Warung bawah", sok akrab lagee !

Sebulan sebelumnya Ilham-kun saat mau ensoku (jalan-jalan program sekolah) menolak beli kue di 7 star, maunya di Sawada saja, kasihan katanya kalo 7 star kan sudah gede, kalau Sawada toko kecil,..ah andai perasaan Ibu setajam nurani anakku,....trus ya apa bisa bantu Bu?
Mulai 3 hari sebelum tutup, toko itu menggelar sale besar-besaran, sampai akhirnya semua didiskon 50%, Ibu juga sempat belanja dgn harga diskon meski nggak banyak spt sabun cuci, pengharum ruangan yg memang awet disimpan.

Sawada memang bukan toko utama untuk beli kebutuhan sehari-hari, kami lebih sering ke 7 star, yg memang lebih lengkap. letaknya yg persisi di pinggir jalan dekat bus T membuat begitu turun dari bis Ibu langsung ke toko itu, sekedar beli telur, buah, sayur atau stok dirumah habis sambil ngambil pamflet harga murah selama 1 minggu. Kadang juga kalo nggak sempat masak Ibu ke toko itu beli sashimi senengan Ayah & Kiko-chan, biasanya diatas jam 5 sore harganya sudah diturunkan karena sudah nggak begitu seger lagi, lagian kalo beli jam 2 siang siapa yg makan wong semua pergi ke sekolah.

Toko kecil itu juga memiliki sejarah penting dalam perkembangan anak-anak, dulu saat sudah 5 th, Ilham-kun pertama kali belanja ke toko sendiri, saat itu hari Sabtu Ibu minta tolong dibelikan telor, ya dia menerima tantangan itu, tanpa disadari kalau Ayah mbuntuti 50 m di belakangnya. Demikian juga saat Kiko-chan pertama kali belanja sendiri, Ibu liatin dari jauh gimana nyebrangnya, dsb. Alhamdulillah disini lalu lintas sangat tertib, dan anak-anak, sejak TK sudah dikasih pelajaran tertib lalu lintas yg ngajar polisi juga yg datang ke TK.

Setelah anak-anak terbiasa belanja sendiri, bukan jajan sendiri lho, tapi belanja atasa order Ibu, kalau hari Sabtu-Minggu biasanya anak-anak yg belanja, tinggal dikasih memo daftar belanja yg dipegang Ilham-kun, dan uang di dompet yg dibawa Kiko-chan (anak perempuan Ibu genit banget sih,...sok "female" alias seneng pegang uang), pulangnya mereka lapor kalau dikasih bonus permen oleh Obaachan (nenek) penjualnya. Ibu sendiri kalau belanja disitu sering dapet bonus apel, jeruk, dsb.

Saking seringnya belanja disitu, dan karena orang asing satu-satunya, kami amat dikenal oleh kru Sawada yg kebetulan masih 1 keluarga, kadang dengan ramahnya menyapa, atau sekedar basa basi ngobrol ttg cuaca, kalau hujan, atau salju turun mereka mengingatkan utk hati-hati, dsb.

Dan sekarang, saat-saat itu tinggal kenangan bagi kami, padahal sebelumnya Ibu yg punya rencana pamit pulang ke Indonesia, malah mereka duluan pamit. Sungguh, mereka adalah orang-orang baik, tulus yg kami kenal selama tinggal di rantau, dan seperti kata Iwan Fals (kalo ndak salah kutip), Cinta itu terasa lebih indah saat dia tlah pergi, dan kami merasakan itu pula saat ini. Oh Warung bawah, eh Sawada we miss u,..mmmmmuach!
posted by Noenoe @ Permalink 、11:33 AM  
18 Comments:
  • At 2:31 PM, Anonymous Anonymous said…

    Mbak,klo mo belanja sekarang jadi jauh dong yah...di deket rumah juga ada supermarket Mawar namanya (waktu mbak noenoe kerja di BBS udah ada deh klo ga salah). Dulu itu lengkapppp banged, trus tokonya juga gede. Eh sekarang malah dibagi 3. Yang satu buat mawarnya sendiri, satu buat toko mainan, trus satu lagi buat bilyard. udah gitu sekarang klo belanja di mawar, malah bengong, apa yang mo dibeli, abis yang di cari gak ada mulu, jadi males deh...
    oiyah..met wiken yah..jalan2 kemana?

     
  • At 2:32 PM, Blogger Akoe said…

    Sedih ya bu...kok tokonya tutup...untuk Ilham dan Kiko juga mau pulang ke indo ajdi ngak kehilangan kali...di Indo kan warung bertebar dimana-mana...tapi pasti beda yah...Met weekend yah...

     
  • At 3:38 PM, Anonymous Anonymous said…

    Yahhh...harus lebih jauh donk klo belanja mbak :( Kasian juga ya Sawada. Nasibnya kayak warung2 kecil di sini. Pailit..kalah saingan sm warung2 besar.
    Btw, kata 'sawada' kok sound likes bahasa sunda ya :)

     
  • At 6:03 PM, Blogger putri said…

    Iya ikutan sedih deh kalau toko dekat rumah tutup. Soalnya kita jg jd ikut 'repot' dikit kalau mendadak perlu sesuatu ya.
    Met weekend ya...

     
  • At 9:43 AM, Blogger Esti said…

    Kacihaann..warung kesayangan tutup. Kali mau ada penyewa baru. Kapan anak-anak libur sekolah? Mau mudik gak?

     
  • At 7:14 PM, Anonymous Anonymous said…

    terusin warungnya aja mbak. kan luamayan tuh. hehehe

     
  • At 2:30 AM, Blogger Rara Vebles said…

    Bener kata pepatah ya.. "Tetangga adalah saudara terdekat di rumah..". Warung bawah, eh Sawada adalah saudara dekat di rantau.. Salam buat Obaachan ya..

     
  • At 11:25 AM, Blogger Inayah said…

    Keduluan pamitanny dong ya...?
    itu maminya Anne, jadi toko mawar-ku usdah bgeitu toh ceritanya?

     
  • At 3:10 PM, Blogger M. Raul Yasin Widjayabrata said…

    iya mba bener kata mama rafa buka warung aja nerusin usahanya si SAWADA...hehehe

     
  • At 12:16 PM, Blogger eR-na said…

    nawa juga punya "warung bawah", lebih tepatnya "pak bawah", abang yang jualan bakmi n nasi goreng di depan kost (karena kamarnya di lt.2 nyebutnya pak bawah). anak2 kost udah lumayan akrab sama abangnya itu. soalnya abangnya udah ngerti selera kita semua. tapi sekarang udah ngga ada. diganti sama orang lain yang ternyata masakannya ga seenak mas jon (itu nama dia). jadi sekarang ga pernah beli lagi di pak bawah. hiks...
    kok malah cerita gini ya? maap, jadi kaya postingan:)>-

     
  • At 5:25 PM, Blogger indahjuli said…

    Keduluan pamitan yah Bu :)
    Gimana anak-anak sehat semua kan ?
    Kapan balik ke Indo ?
    Lagi rame nih disini...he...he...

     
  • At 9:30 PM, Blogger putri said…

    'Warung Atas'nya diposting jg dong mbak... hehehe...
    Lagi sibuk ya? Apa kabar nih?

     
  • At 10:07 AM, Blogger ira i said…

    Mbak, mo tanya nih, kalo di sekolah dasar di Jepang ada warung tempat jajan kayak di Indo gak? Trus anak2 di Jepang terbiasa jajan seperti anak2 di kita gak?...(onegaishimasu, penasaran soalnya...hehehe...)

     
  • At 12:23 PM, Anonymous Anonymous said…

    Mbak.., itu pokemon nya seru banget deh. Kalo Inuyasa udah basi belom ya di Jepang..? aku pengen banget punya VCD nya , kalo komiknya udah lengkap sampe no. terakhir..

     
  • At 4:41 PM, Blogger si inot said…

    walah.. kasian ya mbak. aku pas di tokyo aja gedheg2, ada warung kelonthong di nihonbashi kl gak salah jam 7 pagi dah buka, jam 9 malam masih beres2. kesananya beli roti tawar dan keju. tiap hari. tiap jalan ke luar negeri si inot suka keluar masuk warung dan pasar basah. kemana org lokal pergi blanja ke situ pula si inot. kecuali ke resto kekekke. pernah sengaja masuk resto yg isine org jepang mulu, eh taunya menunya babi mulu. ndak jadi dah. tp kaget banged ngeliat salah satu crewnya yg pake ikat kepala, kimono dll bahasa enggresnya lancaarrrr dan no accent bow..

     
  • At 4:52 PM, Anonymous Anonymous said…

    ass maaf mba baru dah positif he2222 jadinya ibu yuta gi males banget buka HP.ni yuta sdg proses penyapihan dari ASI emmm doain sukses ya te...

     
  • At 5:47 PM, Blogger blanthik_ayu said…

    tanang jeng...ngko aku sing nggenteni dodolan sate lontong...hehehe :D sak durunge tutup dijak barbequean wae sekalian farewell yg mo mudik ke indo hahahah :D

     
  • At 3:59 AM, Anonymous Anonymous said…

    I have been looking for sites like this for a long time. Thank you! Roulette resources Phentermine and ventolin bluetooth wireless bluetooth headphones Ionamin pharmacy online

     
Post a Comment
<< Home
 
 
about me
Istri Bank Je, Ibu Ilham & Kiko, suka baca, suka ngobrol alias criwis, suka sok sibuk, pengin bisa masak.
Udah Lewat
Archives
Links
Republika
Nova
Dapur Bunda
DBRP
IMB
sutbok

Free shoutbox @ ShoutMix
Designed-By

Visit Me Klik It
Member of

Indonesian Muslim Blogger
Credite
15n41n1