Tuesday, May 02, 2006
Bell Mark

Pertama kali Ibu kenal istilah itu saat Ilham-kun masuk SD, setiap bulan antara tgl 5-6, dia dia diminta mengumpulkan label "bell" oleh SD nya. Di jepang, ada sekitar 95 perusahaan makanan, buku , dsb yg menjadi sponsor sebuah organisasi yg disebut the Bell Mark Foundation. Perusahaan-perusahaan tsb mencetak label bel pada kemasannya, yg bernilai 0.5 poin - 100 poin, 1 poin senilai 1 yen, tentu saja makin mahal harga barangnya makin banyak pula poinnya. Setelah dikumpulkan, giliran pihak PTA (Parent Teaching Association, semacam perkumpulan orang tua murid) menggunting, menghitung, mengumpulkan bell mark yg dikumpulkan oleh tiap kelas, dan mengelolalanya. Biasanya setelah 1 th baru dikirim ke BM Foundation untuk ditukar barang yg dibutuhkan sekolahnya. Seperti dari laporan th lalu, SDnya Ilham-kun berhasil mengumpulkan poin sebanyak 92.650, dan ditukar dgn 13 bh stop watch, dsb.

Ibu sendiri mengumpulkan label itu dari pembelian gula pasir, tissue, buku tulis, permen, dsb kadang juga teman-teman dgn baik hati mengumpulkan label itu dan disetor ke Ibu. Kadang kalau bulan ini lupa Ibu gabung dgn bulan berikutnya,...tapi akhir-akhir ini Ibu sering kelupaan,..jadilah sekarang punya sekitar 200 lembar untuk dikumpulkan bulan ini,...rekor sebab biasanya paling banter cuma ngumpulin 10.

Sepengetahuan Ibu, hampir semua SD di Jepang sama kondisinya, fasilitasnya, spt komputer & TV di tiap kelas, ada kolam renang, lapangan basket, sepak bola, gymnasium, dsb yang disediakan oleh pemerintah. Tapi ternyata mereka juga tetap butuh bantuan pihak swasta untuk membantu kelancaran proses belajar mengajar di sekolah.

Ttg hasil pengumpulan bell mark itu sendiri ada juga badan swasta yg mengumpulkan dan mengirimnya sebagai bantuan pendidikan di negara lain spt afghanistan dsb.

Coba kalo di Indonesia ada program seperti ini. Jumlah penduduk kita kan banyak, so banyak konsumen, banyak anak usia sekolah, coba aja kalo Indofood, perusahaan Chiki snack, sabun cuci, dsb bergabung dan memberi bantuan pada pihak sekolah pasti deh bakal disambut dgn suka cita. memang dari nilainya, "cuma" 1 yen,..atau cuma 1 rupiah, namun untuk sebuah kepedulian adakah penghargaan yg sepadan?. Asal jangan karena mau ngasih bantuan harganya malah dinaikkan,..
Selain pihak swasta, kita juga butuh transparansi dari pihak sekolah tentunya,..kayak nggak percaya aja sih,...nggak berburuk sangka sih.

Saat ini, Ibu justru lagi sibuk dgn persiapan sekolah anak-anak di Indonesia, wah bener-bener jaman dah makin maju,..tes wawancara lewat YM,...kalo sama ortunya aja sih nggak masalah,...lha mau wawancara sama anak-anak, gimana? Lewat YM,..wong nggak pasang internet dirumah,..lewat telpon anak-anak paling nggak mudheng pertanyaannya,..gubraksss.
Dan saat ini lagi deg-degan mau wawancara by YM,..Ya Allah, beri kami kemudahan untuk memberikan yg terbaik buat anak-anak kami.Amin

Maaf ya Kak, De,...bukannya Ayah-Ibu nggak mau plg saat ini utk ngurus sekolah kalian, saat ini Ayah-Ibu bener-bener lagi sibuk,....Insya allah all the best for you. Amin
Update 10 Mei 2006:
Ttg wawancara via YM,...alhamdulillah wawancara sudah selesai, via YM & telpon by Ayah,...sebab waktunya nggak akur dgn jadwal Ibu,...kebetulan pengurus & gurunya ada yg kenal sama Ayah,..jadi lah wawancara jarak jauh,...kali kalo nggak kenal bisa-bisa Ibu & anak-anak diminta plg sekarang,..oh NO,..pliiiiiis. KKN juga?
Sekarang lagi nunggu pengumumannya, doain ya,...
Maaf baru ada klarifikasi,...
posted by Noenoe @ Permalink 、12:20 PM  
19 Comments:
  • At 1:52 PM, Anonymous Anonymous said…

    Assalamualaikum dan salam kenal yah..:-)

    Masih lama di Jepang atau dah mau balik Indo? Kok anak2 mau sekolah di Indo?

    SAlam

    Bunda Shafiya

    http://keluargazulkarnain.blogspot.com

     
  • At 2:11 PM, Anonymous Anonymous said…

    Kayaknya kurang nih taaruf sm mbak Nurul. Jd Ilham kun dan Kiko chan masih punya kakak ya mbak? Mereka di Indo?

     
  • At 4:08 PM, Anonymous Anonymous said…

    moga2 wawancaranya berhasil ya mbak bahasa jepangnya klo gak salah gambatte ya? emang mo masuk SD mana mbak?
    gak sempet kepikiran trombophop (ejaannya salah gak ya?hehehe) maklum udah nge blank tapi udah langsung di kasih minyak tawon. alhamdulillah udah tinggal birunya aja itupun gak terlalu kentara. mau cuti jalan2 ya mbak? oleh2nya ya...hehehehe..(oleh2 wae)

     
  • At 4:54 PM, Blogger Luluk said…

    Amin. Mudah-mudahan wawancaranya berjalan lancar, dan hasilnya jg OKE (",)b

    Tante Luluk udah siap-siap nganter ke Taman Mini nih... huehehe.. :p

     
  • At 6:14 PM, Anonymous Anonymous said…

    Walah wawancara via YM? jadi pensaran Sekolah mana na mba? BTW sampah adalah permata jadi kepikiran juga, duh sensei suami mba keren bgt ya, kreatif banget.

     
  • At 9:30 PM, Blogger putri said…

    Wah... kok wawancara via YM? wawancara ama Guru di Indonesia tuh? ck..ck...ck.. Ini yang namanya pemanfaatan teknologi atau... gurunya yang terlalu gaul ya? :D Bukan gak setuju sih, namanya teknologi diciptakan emang buat dimanfaatkan. Tapi kalau sampai buat 'wawancara' sama anak2 kok kayaknya... hmm terlalu dipaksain gitu ya. Gitu gak ya? Pendapat saya sih.

    Saya ingat pengalaman wawancara beasiswa, saat itu negara tujuannya Jepang.
    Pertanyaan : 'Bagaimana cara anda mengenal professor A yang akan anda jadikan pembimbing?'
    Jawaban saya : 'Dari internet, saya baca risetnya, saya berkenalan via email. Saya kirim proposal, dia memawancari saya via email dst... dia setuju menerima saya'.
    Eh jawaban si penanya (pemberi beasiswa) gini... :'Tidak mungkin anda mengenal sosok seseorang hanya via internet dan email. Gimana anda tahu bahwa professor itu baik atau tidak? Siapa tahu ternyata professor anda bukan orang yang gampang bersosialisasi, jahat, dsb...'
    Lol? saya sempat bingung dijawab gitu. Tapi saya gak mau kalah juga, saya jawab 'Lho... siapa yang mau membayari saya ke Jepang hanya untuk berkenalan dan tahu bagaimana si professor itu? Kalau saya punya uang buat kesana, saya tidak perlu susah payah cari beasiswa' :P
    Walaupun saya dapat juga beasiswa ke Jepang, tapi saya lebih milih ke Jerman. Tapi pertanyaan itu gak akan pernah saya lupakan.

    Doa saya... semoga lancar segala urusan ya mbak.
    btw... belum sempat posting lagi. Selain lagi sibuk (deuhhh sok sibuk ya...) juga ya...kelamaan naik motor cinta nih ;)

     
  • At 9:57 PM, Blogger si inot said…

    wah, ada2 aja ya sistem penerimaan sekolah di indo. adikku aja poseng cari sd yang bagus buat anaknya. blom lagi poseng bayar uang masuk sekolah yg jut-jut.. iuaran sekolah yg sampe ratusan rebu. kayak jadi elite ya pendidikan di indo, mestinya ndak boleh sampe komersieel gitu, jd yang mampu aja yg bisa bayar. yang gak mampu tapi pinter gimana ya..
    ach ja, hela napas..
    niwei mudah2an anak2 dpt sekolah yang bagus, dan cepet adaptasi di indo ya...

     
  • At 10:43 AM, Anonymous Anonymous said…

    Pak Junaidi itu teman se lab nya suami, bahkan meja nya bersebelahan :D

    Waduh....kok dunia bisa kecil gini ya :)

    Mbak nanti di Indonya dimana? Anak2 sekolahnya di Indo di SD apa mbak? Bagus ya..gurunya ndak GAPTEK

    Bunda Shafiya

    http://keluargazulkarnain.blogspot.com

     
  • At 1:54 PM, Blogger Esti said…

    Anakku aja yang kecil udah bisa bikin sendiri blogger lho mbak. Sementara aku dulu masih tanya kiri kanan. Ngga heran, guru juga sudah memanfaatkan teknologi. Sebentar lagi bukan pake YM tapi pake Skype. ha ha..

     
  • At 7:14 PM, Anonymous Anonymous said…

    moga2 dapet sekolah yang baik ya mbak :)

     
  • At 10:46 AM, Anonymous Anonymous said…

    Mbak Nurul..ngebakso yuuuuuk....

     
  • At 6:09 PM, Blogger indahjuli said…

    Wawancara via YM ?
    test masuknya Lily aja udah bikin pusing :D
    Moga-moga berhasil yah Mbak. Gambate !

     
  • At 7:02 AM, Blogger Inayah said…

    selamet...emang beneran jadi pulang nih mbak?

     
  • At 11:33 AM, Anonymous Anonymous said…

    Iya ya, coba kalo di Indonesia ada yang kaya' gitu..

     
  • At 5:03 PM, Anonymous Anonymous said…

    gambate deh buat test wawancaranya...
    maaf baru bales mailnya.soalnya yuta abis sakit soalnya lagi tumbuh gigi,now giginya dah 4 loh... golden week kemaren yuta jln ke harborland,meriken n tamasya dekat rumah ha2222 murah meriah lah n lanjut pengajian di Nada Kobe tuk seluruh kansai....mba minta alamat emailnya donk!!!biar agak panjang ceritanya... ni alamat email sy : dee_0807@yahoo.com n telp rumah 05088816705... tuk bocoran pake skype n Voip gratis loh klo tlp.ok dah dulu ya mba :>

     
  • At 1:16 AM, Blogger Akoe said…

    Selamat kembali ke tanah air ya...ternyata benar-benar susah ya masuk SD di indonesia...tapi kalo sesuai dengan mutu pendidikannya yah,...ngak apa juga kan..?? Aku tahun ini juga masuk SD lho.....Didoain keterima yah....

     
  • At 10:33 AM, Blogger BundaZidan&Syifa said…

    serius ini bisa wawancara lewat YM? hebat banget.. ckckck.. sekolah apa sih say?

     
  • At 10:35 AM, Anonymous Anonymous said…

    Masih sibuk yah mbak? blom apdet2 cerita serunya niy..

     
  • At 6:40 AM, Anonymous Anonymous said…

    You have an outstanding good and well structured site. I enjoyed browsing through it Charleston soccer uinted Provigil overnight express internet advertising

     
Post a Comment
<< Home
 
 
about me
Istri Bank Je, Ibu Ilham & Kiko, suka baca, suka ngobrol alias criwis, suka sok sibuk, pengin bisa masak.
Udah Lewat
Archives
Links
Republika
Nova
Dapur Bunda
DBRP
IMB
sutbok

Free shoutbox @ ShoutMix
Designed-By

Visit Me Klik It
Member of

Indonesian Muslim Blogger
Credite
15n41n1