Wednesday, February 15, 2006
NOL
Mungkin ada banyak orang yg menganggap sepele thd angka nol, seperti ketika para orang tua mengajarkan angka pada balitanya, mereka memulai dgn angka 1, bukan nol, padahal tanpa "0" bisa berabe lho, contohnya aja nilai 100 lupa nulis 2 "00" bisa aja cuma 10, apalagi kalau uang jut-jutan,.......lumayan kan?

Bilangan "0" adalah bilangan yg sangat berkesan buat Ibu, bukan 9 yg konon membawa hoki, why?. Teringat tulisan Kafi Kurnia di majalah Gatra edisi April 2002 (kalau nggak salah), beliau membahas ttg angka nol, falsafahnya, sbg manusia, sangat baik bagi kita selalu mengganggap diri kita spt angka nol, dgn demikian kita akan mudah menerima pelajaran, mudah berinovasi, dsb. Coba aja gelas yg kosong akan lebih banyak menampung air ketimbang gelas yg telah berisi, demikian juga ruangan yg kosong melompong akan mudah bagi kita untuk menaruh/mengatur barang-barang kita.

Sebagai seorang hamba, kitapun mesti sadar kondisi kita, seperti setiap kali kita berzikir, menyebut asma Allah, ALLAHU AKBAR, Allah Maha Besar, kita tak ada artinya sama sekali. So, kids, meski Ilham-kun jadi ketua kelas, pinter, dsb, nggak perlu berbangga hati, apalagi sombong, sekali lagi semua tak berarti apa-apa dihadapan Allah SWT.
Demikian pula kalau kita kembali ke Indonesia, nggak perlu sombong pernah mengecap kehidupan LN, dimanapun kita berada, dimana bumi berpijak, disitu langit dijunjung, hargai orang lain, tak perlu membanggakan diri.
Ingat Nak, kita hanya seorang hamba, Allah Maha Besar, kita tak berarti apa-apa, zero yori mo.
posted by Noenoe @ Permalink 、5:58 PM  
1 Comments:
  • At 8:33 AM, Anonymous Anonymous said…

    Ada satu buku kalau mau yang explore tentang hal ikhwal 'nol' ini, judulnya "The Book of Nothing" karangan John D. Barrow. Pasti bisa memberikan konteks yang lebih meyakinkan.

     
Post a Comment
<< Home
 
 
about me
Istri Bank Je, Ibu Ilham & Kiko, suka baca, suka ngobrol alias criwis, suka sok sibuk, pengin bisa masak.
Udah Lewat
Archives
Links
Republika
Nova
Dapur Bunda
DBRP
IMB
sutbok

Free shoutbox @ ShoutMix
Designed-By

Visit Me Klik It
Member of

Indonesian Muslim Blogger
Credite
15n41n1