Tuesday, February 07, 2006
Setsubun no hi


"Setsubun no hi",
adalah permulaan musim semi di jepang, yg diadopsi dari China . Tahun ini kebetulan jatuh pada tgl 3 Februari, pada hari itu orang-orang Jepang pergi ke kuil untuk merayakannya, pestanya berupa para pendeta Budha dan pengunjung yg sebagian besar pria yg lahir di th anjing melempar kacang kedelai (mame maki), yg artinya membiarkan kebaikan datang dan mendepak kejahatan menjauh , terjemahan dari "Fuku wa uchi, Oni wa soto".
Ternyata di hari itu, di Yagumo Hoikuen (TK Kiko-chan) mengadakan acara serupa, mereka melempar kedelai ke arah Oni,.....eh Kiko-chan jadi Oni, bawa pentungan (kanabou)segala, itu dia pake topeng Oni yg dibikin bareng gurunya di Sekolah. Buat kita orang Islam, nggak perlu percaya gituan Nak, karena kejahatan/kebaikan sumbernya di hati kita, ndak usah jauh-jauh melempar kedelainya, .....kalo cuma mainan bareng Sensei or temen sih boleh saja.

Btw, meski baru TK, Kiko-chan dah biasa surat-suratan lho, ke teman cewek sih, semalam Ibu liat Kiko-chan serius banget nggambar, ternyata dia lagi bikin bikin surat buat Nao-chan, temen sekelasnya, yg mulai April nanti masuk SD, jadi critanya mo pisahan, ini lho suratnya, pake kertas HVS biasa, ada gambar Nao-chan pake seragam SD sambil ngajak wan-chan (anjing) jalan-jalan, sebaliknya ada pesen dia ke Nao-chan, terjemahannya gini (pake Hiragana sih) : "Nao-chan, gimana kabarnya, baik kan?. Hari ini kita banyak main bersama, besok juga ya. Masuk SD, belajar bahasa, matematika, selamat ya. Jangan lupa padaku. dari Kiko. Mungkin begitu terjemahannya.

Wah de, Ibu jaman kecil dulu ndak surat-suratan gitu lho, Kiko-chan lebih canggih dibanding Ibu, harus gitu ya, jaman dah berubah jeee,......Insya Allah, banyak manfaat bila kita gampang berteman, bergaul, jadi ndak kuper, kalau Kiko-chan mau, sesampai di Indonesia kirim surat nanti buat temen-temen di Jepang, siapa tahu nanti gede ketemu lagi, asyik kan, bisa nostalgia.
posted by Noenoe @ Permalink 、3:30 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
 
about me
Istri Bank Je, Ibu Ilham & Kiko, suka baca, suka ngobrol alias criwis, suka sok sibuk, pengin bisa masak.
Udah Lewat
Archives
Links
Republika
Nova
Dapur Bunda
DBRP
IMB
sutbok

Free shoutbox @ ShoutMix
Designed-By

Visit Me Klik It
Member of

Indonesian Muslim Blogger
Credite
15n41n1